Sabtu, 06 April 2013

Tata Cara Pendaftaran BPP-DN Calon Dosen



Masih seputar BPP-DNnya DIKTI nih. Ayo yang mau daftar burrruuuuaaannn siapin berkas-berkasnya… Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 April 2013 hingga 30 Mei 2013. Masih lama sih emang. Tapi ga ada salahnya untuk bersegera…
Nah berikut saya bagikan “pengalaman” pendaftaran online BPP-DN^^

1. Masuk dulu ke Web Dikti di http://beasiswa.dikti.go.id/dn
2. Pada Menu Pelamar, Klik daftar Beasiswa. Eiiisssttt, jangan lupa untuk memperhatikan dan membaca petunjuuk dengan hati-hati yah^^. Jangan sampe salah. Semelumnya mohon dipastikan email kamu aktif, nanti konfirmasi akan dikirim ke email kamu. So, kalo emailnya ga aktif, mending bikin baru deh.
3. Ada beberapa tahapan nih yang mesti kamu lalui. Ayo baca bismillah dulu.^^

REGISTRASI
Pada tahun masuk, isikan 2013
Pada Pilih status kepegawaian klik di Calon dosen
Kemudian Pilih Jenjang beasiswa yang akan diambil
Klik Lanjut

DATA DIRI
Isikan data diri dengan lengkap dan benar.
Pada NIP/NIK kamu isi strip (-) saja. itu ditujukan untuk dosen dan tenaga kependidikan. NIP (Nomor Induk Pegawai) untuk dosen dan tendik PTN dan NIK (Nomor Induk Karyawan) untuk dosen dan tendik PTS.
Masukkan email yang valid yah^^
Klik Lanjut.

PENDIDIKAN
Isikan dengan data yang sebenar-benarnya. Informasi nih, IPK minimal untuk mengikuti BPP-DN adalah 3.00. 
Klik Lanjut


DATA PEKERJAAN
Untuk Jenis pekerjaan isikan Calon dosen. Untuk Universitas Asal, karena kita belum bekerja pada universitas tertentu, maka isikan dengan strip (-), begitu juga untuk alamat instansi. Nah sementara untuk nomer telepon, kamu isikan angka nol sebanyak 10 kali.
Klik Lanjut

PERGURUAN TINGGI TUJUAN
Perguruan tinggi tujuan itu adalah 15 perguruan tinggi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh dikti (silahkan cek panduan). Dan pastikan memiliki jurusan sesuai dengan 10 bidang keilmuan strategis yang diusulkan dikti. jangan lupa mempelajari secara seksama Perguruan Tinggi Tujuan beserta Jurusan yang diinginkan. Agar jangan salah pilih^^.
Nah sebagai tambahan juga bagusnya jurusan yang dipilih sekarang memiliki keterkaitan dengan jurusan kamu sebelumnya^^. kata yang pernah ikut seleksi BU (BPPDN dulu), ini dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk meluluskan kamu... Semoga kita semua pada lulus yah^^
Klik Lanjut

UNGGAH BERKAS.
Nah, berkas yang akan diunggah itu adalah perjanjian antara pelamar dengan dikti, jangan lupa di print dulu, di tempel materai 6000, ditanda tangan baru kemudian di scan dan di unggah. Tambahkan juga pasphoto berwarna dengan format jpg/npg. 
mesti diingan file mesti berkapasitas max 1 Mb.
Klik Selesai

4. Kamu bisa langsung mencetak bukti terdaftar kamu nantinya. atau hanya sekedar menyimpan terlebih dahulu.

5. Ups, jangan lupa nomor register dan password yang didapatkan sebelumnya, disimpan. itu nanti sangat berguna jikalau mau Ubah data ataupun cek registrasi.


Demikian dari saya sedikit pengalaman saya melewati proses pendaftaran Online BPP-DN ini.
Ayo semangat^^
Jangan malu-malu untuk bertanya dan jangan pelit untuk berbagi informasi.
Mohon doanya agar saya juga dimudahkan mengikuti segala proses seleksi beasiswa dan PPs yang saya tuju. Dan kemudian dengan Optimis, dan dengan IzinNya, kita semua lulus dan kemudian membangun peradaban.
Allahumma Amiin.
Yang belon registrasi, mari segera^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar